Ikut Lomba Internasional, Magis Camp Seamolec - Part 5 (END)

Mentornya ngajak ngobrol dan bercanda terus

H-1 presentasi aplikasi. Alhamdulillah aplikasi yang saya buat sudah 85%. Tinggal finishing serta memperbaiki design saja. Kegiatannya pun sampai malam tetap buat aplikasi di ruangan ini. Tapi, ketika jam 07:00 para programmer diberikan materi untuk upload aplikasi ke playstore. Di sana dijelaskan tata cara upload aplikasi kami ke google play store. Dikarenakan aplikasi yang kami buat harus di unggah di play store untuk dijadikan media pembelajaran Seamolec dan Goethe Institute.

Materi menjadikan aplikasi dalam bentuk .apk dan upload aplikasi ke playstore
Setelah materi selesai, kita diperbolehkan tidur. Tapi, karena H-1. Jadi kita semua kerja keras banget buat nyelesaiin aplikasi. Saya sih udah nyantai, tinggal keliling aja dan nunggu design yang baru dari designer saya (Jane). Para peserta dari Indonesia dan peserta lain tidak berpindah tempat, kita di ruangan kumpul awal. Kita semua begadang untuk ngerjain project bareng-bareng.

Menambahkan kekurangan aplikasi
Jam sudah menunjukkan di angka 00:00, tapi kita semua belum ke ruangan masing-masing. Banyak juga yang sudah tidur di tempat (meja), ada juga yang kebingungan di pojok.

Austin Pascal(Juara 1) terlihat sudah ketiduran

Alvira kebingungan dan memojok
Akhirnya kita disuruh balik ke kamar masing-masing, dikarenakan sudah malem dan ruangan mau dirapihkan untuk besok. Akhirnya kita lanjut ngerjain project di kamar Vallen lagi. Dikarenakan saya sudah agak senggang, jadi saya mengunjungi ke kamar temen-temen. Squad saya sih lagi kumpul di kamar Baitong, lagi pada curhat. Saya masuk ke kamar Baitong cuma ngambil kartu dia aja, biar kamarnya mati(iseng) hahahaha... Terus ada yang tiduran lagi di depan lift. Saya sendiri tidur di balkon kamar. Udah jam 03:00. Kita pun tidur...

Akhirnya ini adalah hari terakhir kami. Setelah seminggu bercanda dan berjuang bareng, inilah akhirnya. Namanya juga pertemuan, pasti ada perpisahan. Saya merasa bersyukur banget bisa jadi peserta Magis Camp Seamolec 2016, karena di acara ini bukan cuma ilmu aja yang saya dapetin, tapi juga koneksi pertemanan yang luar biasa keren. Bandung, Surabaya, Jakarta, Bogor, Ambon, Semarang, Thailand, dan Malaysia semua jadi satu. Saya berharap ini bukan akhir dari pertemanan kita.

Akhirnya kita pun mempresentasikan aplikasi di hadapan juri dan menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh juri, serta kita juga harus merevisi aplikasi kita untuk menjadi aplikasi yang pantas dipakai dunia untuk belajar bahasa Jerman level A1.

Presentasi aplikasi
Setelah selesai presentasi, kita pun lega. Karena revisi yang masuk ke kita kebanyakan hanya soal bahasa. Bahasa di aplikasi kita masih ada yang tercampur dengan bahasa Inggris dan aplikasi kita juga masih ada yang salah tata letak kata bahasa Jerman nya. Setelah semua kelompok sudah mempresentasikan aplikasinya, kita pun mendapatkan sertifikat peserta Magis Camp Seamolec 2016.

Penyerahaan sertifikat secara simbolis


Indonesian
Setelah kita mendapatkan sertifikat, kita pun harus packing barang. Karena besok pagi kita harus pulang dan meninggalkan acara ini :( . Sedih banget pisah sama mereka. Soalnya mereka udah saya anggap sahabat dan keluarga baru. Seminggu lebih kita tinggal bareng, makan bareng, kerja bareng, seru-seruan bareng, bahkan sedih bareng.

Hari terakhir pun kita berpesta bersama di ruang aula. Mulai dari nonton film dokumentasi kegiatan kita, nyanyi-nyanyi bareng, dll. Saya pun belum puas dengan hari terakhir ini, akhirnya saya dan teman-teman pergi ke Aeon Mall.

Dari kiri atas ke kanan: Fakhrul, Vallen, Krisna, Naufal, Brandon, Fajar
Habis itu kita kumpul lagi di kamar buat ngobrol-ngobrol.

Setelah saya bangun di pagi hari, saya sudah tidak melihat teman-teman saya yang berasal dari Thailand dan Malaysia, karena mereka berangkat pagi. Saya pun makan di hotel sendirian hahaha. Karena best friend saya si Fajar sudah pulang juga.

Pengumuman aplikasi pun belum diumumkan hari itu juga, karena pemenang juga dilihat dari jumlah downloader. Setelah menunggu 6 bulan dari lomba, saya pun berhasil mendapatkan juara 2 di lomba Magis Camp Seamolec 2016.

Terima kasih teman-teman atas bimbingan dan candaannya yang seru. Kalian tidak akan pernah bisa dilupakan. Mungkin suatu saat kita akan bertemu kembali.

-END-

Komentar

Postingan Populer