Kuliah di Binus Gratis? Begini Caranya!!!

Keadaan di dalam Binus University


Bina Nusantara University atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Binus University adalah perguruan tinggi swasta yang mempunyai banyak kampus di Indonesia. Saat ini Binus University sudah tumbuh di daerah, antara lain: Kemanggisan, Senayan, Alam Sutra, Bekasi, Malang, Bandung. Setiap tahunnya Binus selalu bertumbuh dan beranak hahaha. Saya sendiri berada di Binus Kemanggisan.

Selain Binus sudah tumbuh di beberapa kota, Binus juga memasuki universitas penghasil entrepreneur terbanyak di Indonesia nomor 2, salah satu entrepreneur yang kita sering dengar ternyata dari Binus University loh, antara lain: Qlapa, Tokopedia, Picmix, Pinjam, Qerja, dll. Jadi, gak usah diraguin lagi kualitas dari Binus University.

Tapi,,,, banyak orang yang masih nganggep Perguruan Tinggi Negeri itu "lebih baik" dari Perguruan Tinggi Swasta. Mungkin kalau kamu ngomong kayak gitu di tahun 2010 boleh lah. Tapi, ini 2017!!! Harusnya kalian buka mata juga, gak selalu PTN lebih bagus dari PTS. Banyak kok alumni Binus yang udah memasuki kancah internasional dan juga seperti yang tadi saya bilang, Binus menjadi universitas penghasil entrepreneur terbanyak kedua di Indonesia. Jadi,,,, masih bisa ngomong gitu? Oh iya, nomor 1 itu Institut Teknologi Bandung dan di nomor 3 Universitas Indonesia.

Cukup sudah membahas tentang Binus, sekarang kembali ke topik, yaitu kuliah di Binus tapi gratis? Gimana caranya??? Kalian semua pasti tau, selain Binus mempunyai kualitas IT yang bagus, tp Binus juga mempunyai bayaran(semester, DP3, dll) yang mahal(sebenernya relatif). Nah, kali ini saya akan berbagi ke kalian, bagaimana sih cara kuliah di Binus gratis.

Binus University mempunyai beasiswa yang dibagi menjadi 2 macam, yaitu: Widia dan Partial Scholarship. Widia Scholarship diberikan kepada calon mahasiswa yang sudah berprestasi dalam lomba ajang Nasional maupun Internasional, dan juga tentunya melalui nilai rapot. Di beasiswa ini, mahasiswa tidak membayar atau mengeluarkan uang sepeserpun untuk kuliah di Binus (kecuali uang testnya, sebesar 300rb). Tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan. Jadi, di beasiswa Widia ini mahasiswa tidak bayar, alias 100% gratis kuliahnya.

Yang kedua adalah Partial Scholarship. Dalam beasiswa ini, calon mahasiswa diringankan biaya sesuai yang diberikan oleh Binus University. Bisa diringankan dengan cara pembebasan DP3 atau bisa juga dengan cara potongan biaya semester di Binus: 30%, 50%, 100%.

Terus, kalau mau mendapatkan Widia Scholarship gimana? Ini syarat dan ketentuan untuk daftar widia scholarship:

  1. Memiliki sertifikat menang lomba (atau minimal finalis) di tingkat Nasional atau Internasional. Atau menjadi perwakilan Indonesia di ajang Internasional
  2. Pastinya memiliki nilai rapot yang bagus. Saya tidak tau persis berapa nilainya, tapi kalau mau aman pastikan nilai rapot rata-rata di atas 8.5 aja.
  3.  Memiliki nilai yang bagus pada saat pengerjaan TKPA atau ujian test masuk Binus. Saya juga tidak tau berapa persis nilai tsb, karena nilai tersebut juga tidak diberi tau. Tapi usahakan anda mengisi soal dengan benar. Untuk soal apa saja yang akan diujikan, nanti akan kita bahas di artikel lain
Misalnya kita sudah mengajukan widia scholarship tapi kita tidak memenuhi kriteria di atas, maka beasiswa kita di down-grade. Artinya, dari widia, beasiswa kita diturunkan menjadi partial. Di down grade nya sendiri oleh bagian scholarship Binus.

Apakah jika kita mendapatkan widia scholarship hidup kita udah tentram dan damai? BELUM!!! Masih banyak tantangan yang kita harus lalui. Jika kita mendapatkan beasiswa ini kita diwajibkan menjadi mentor atau asisten laboran/dosen, mendapatkan IPK di atas 3.5 di semester 3 dan selanjutnya, tentunya tidak melanggar peraturan di Binus. Jika salah satu saja tidak bisa kita penuhi atau kita langgar, yasudahlah,,, melayang beasiswa kita. Tapi dengan melayangnya beasiswa ini, kita tetap tidak membayar DP3. Artinya, semester selanjutnya aja yang kita harus bayar.

Sekian artikel kuliah di Binus gratisnya. Semoga teman-teman mendapatkan kuliah di perguruan tinggi yang terbaik....

Komentar

Postingan Populer