Pengalaman Pertama Kali Menjadi Fasilitator di Indonesia Android Kejar


Indonesia Android Kejar (IAK) adalah program yang diinisiasi oleh Google Developers untuk mengasah kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile. Program berbasis komunitas ini menggunakan materi online dari Udacity yang dipadukan dengan kelompok belajar secara offline (study group). Kegiatan ini dijalankan oleh developer dan komunitas. Indonesia Android Kejar akan memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan juga Advance.

Misi Indonesia Android Kejar adalah membantu developers Indonesia untuk tumbuh dan terus menciptakan aplikasi berkualitas dan bermanfaat. Program ini menyediakan pengalaman pembelajaran online melalui Udacity dan pembelajaran offline bersama anggota komunitas sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam di ekosistem yang menyenangkan dan kolaboratif.

Saya mendapatkan informasi mengenai Indonesia Android Kejar dari komunitas Google Developer Group. Pertama kali saya mengikuti IAK kelas 11, namun pada saat itu saya hanya menjadi peserta. Saya menjadi fasilitator di kelas 12.

Sebelum saya menjadi fasilitator saya mengikuti program IAK Intermediate. Lalu saya memberanikan diri mendaftar menjadi fasilitator IAK Beginner. Setelah saya mendaftar di indonesiaandroidkejar.id, saya dinyatakan diterima menjadi fasilitator dan dipersilahkan untuk mengikuti meeting di kantor Kibar.id.

Para Fasilitator Indonesia Android Kejar Batch 3.0 Term 1

Di sana saya senang sekali bisa bertemu dengan developer-developer professional yang keren-keren. Di sana kami diberikan materi dan dilatih agar menjadi fasilitator yang handal. Pembicaranya sendiri adalah mas Patrick Nugros. Setelah meet up, saya pun diberi tau bahwa saya akan mengajar di Universitas Trisakti dengan jumlah peserta 30.

Menjelaskan mengapa diadakan program IAK

Pengalaman saya untuk ngajar mahasiswa masih minder saat itu. Dikarenakan saya hanya seorang siswa kelas 12 dan kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa semester tiga dan lima. Tapi saya bawa dengan enjoy dan fun aja. Peserta saya ajarkan materi Basic User Interface dan Basic Java Programming. Alhamdulillah mereka semua paham(kayaknya). Setelah kegiatan 2 hari full berakhir, saya pun menilai proses, nilai, sikap, dan keaktifan peserta selama menjalani study group.

Peserta terbaik saya ajak ikut event awarding IAK bersama peserta dan fasilitator lain

Saya pun memilih 3 peserta terbaik saya untuk dapat hadir di event Awarding Indonesia Android Kejar Bacth 3.0 Periode 1. Peserta terbaik saya ada yang mendapatkan kaos eksklusif dari Google, ada yang dapat Note atau Google Design Sprint, saya sendiri dapat jaket hehehe.

Mengapa sih saya ikut kegiatan seperti ini? Selain menambah kemampuan leadership dan public speaking, saya dari dulu senang berbicara di depan dan senang membagikan ilmu ke temen. Biar ilmu kita gak hilang, kan saya bisa sambil review materi yang sudah lama saya pelajari. Intinya kalau kalian mau belajar juga harus niat. Harus mempersiapkan apa yang kalian butuhkan untuk belajar. Misalnya kalian mau belajar membuat aplikasi android, berarti kalian harus mempersiapkan softwarenya.

Belajar bukan cuma dari sekolah atau pendidikan formal. Kalian juga bisa dapetin pelajaran lainnya dari berorganisasi dan menjadi volunteer. Karena di zaman sekarang hardskill saja tidak cukup. Miliki Hardskill dan Softskill yang seimbang!

Komentar

Postingan Populer