Project Luar Character Building: Pancasila - Pertemuan 1

Kegiatan Pendampingan Belajar di PAUD Cempaka
Timeline :  Survey   Pertemuan 1     Pertemuan 2     Pertemuan 3     Pertemuan 4
Tanggal :  Senin, 23 Oktober 2017
Pertemuan sebelumnya (survey) hanya mendiskusikan kegiatan yang akan kami selenggarakan di PAUD Cempaka bersama para guru. Kegiatan mengajar dan mendampingi yang sebenarnya akan dilakukan di pertemuan satu sampai empat. Di setiap pertemuan kami diminta untuk hadir di PAUD sebelum jam 08:00, maka dari itu kami berkumpul di Lawson sebelah Binus Anggrek pada jam 07:00 untuk berangkat bersama ke tempat lokasi. Kami menuju ke tempat lokasi menggunakan sepeda motor.

Perjalanan dari Lawson Binus Anggrek ke PAUD Cempaka tidak terlalu lama, hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dikarenakan tidak ditemukannya kemacetan di jalan yang kita lalui. Setelah sampai di PAUD Cempaka kita bergegas untuk memakai almamater Binus dan menuju ruangan kepala sekolah, karena guru pendamping kita kepala sekolah dari PAUD Cempaka. 

Sesampainya di ruangan, sambut hangat diberikan oleh anak-anak PAUD Cempaka ke kami. Setelah kami duduk di ruangan, kami pun berdoa bersama. Lalu, satu per satu dari kita memperkenalkan diri ke anak-anak. Tugas di pertemuan pertama ini kami diminta untuk mendampingi anak untuk berkreativitas dalam menyusun bentuk binatang dan tumbuhan melalui balok dan lego.

Merangkai balok dan lego bersama anak-anak sambil bercerita
Selagi anak-anak menyusun, kami pun bercerita dan memberikan arahan bahwasannya tumbuhan dan hewan harus dijaga dan dilestarikan, karena mereka pun ciptaan Tuhan, sama seperti kita. Mereka juga punya perasaan. Setiap anggota dari kami pun menceritakan dan memberikan arahannya dengan cara yang bermacam-macan, ada yang sambil sulap, dongeng, dll.

Kaka Io memberikan cerita sambil sulap XD
Jam pun berdenting di angka 10:00, ini tandanya kelas sudah usai. Kami pun meminta kepada guru dan anak-anak untuk berfoto bersama untuk mendokumentasikan cerita kami. Sekian laporan project luar Character Building: Pancasila - Pertemuan 1.


Komentar

Postingan Populer