Ikut Lomba Internasional, Magis Camp Seamolec - Part 4


Meminta saran konsep aplikasi

Gak kerasa kegiatan ini sudah di hari keempat. Setelah bersenang-senang di kemarin hari. Kita pun melanjutkan pembuatan konsep aplikasi yang nantinya dipresentasikan ke juri. Tujuan dari presentasi ini adalah untuk menentukan apakah aplikasi kita cocok untuk dikembangkan atau tidak. Setelah kita mendiskusikan konsep aplikasi, kita pun merealisasikan aplikasi yang akan kita buat lewat slide powerpoint. Sebenarnya banyak sekali kendala dalam pembuatan konsep ini. Salah satunya argumen yang berbeda dari tim. Tapi itu melatih kami untuk berfikir dan mencari cara mewujudkan aplikasi yang cocok di pandangan berbagai macam orang.

Tercyduc

Mungkin karena pusing, ada yang nonton youtube untuk refreshing dan ini salah satunya yang tertangkap basah hahaha. Ada juga yang asik ngoding di lantai sambil tiduran. Kegiatan ini dibawa santai aja sebenernya, tapi tegang juga ketika kita tau bahwa giliran selanjutnya yang presentasi itu saya.

Suasana presentasi konsep aplikasi
Presentasi kelompok saya dibawakan oleh Fakhrul dan Saya. Fakhrul yang menjelaskan kegunaan aplikasi ini dan pengenalan, saya yang menjelaskan sistem dari aplikasi. Banyak sekali saran dan kritik yang dilontarkan oleh para juri. Salah satunya penggantian nama aplikasi, warna design, dan penamaan teks di aplikasi. Karena di aplikasi ini 100% bahasanya harus berbahasa Jerman.

Presentasi yang dibawakan Fakhrul
Pada saat presentasi saya agak gugup, soalnya bahasa Inggris saya belum lancar. Tapi alhamdulillah gak ada kendala dalam presentasi.

Juri dan mentor
Setelah babak presentasi konsep selesai, saya pun melanjutkan pembuatan aplikasi. Saya membuat bagan aplikasi dulu, dan Jane membuat design untuk aplikasi kami. Ada juga kelakuan temen saya yang lagi PDKT. Bukannya ngerjain tugas, malah ngobrol ya...

Lagi ngapain ya?
Setelah sesi pembuatalan aplikasi selesai, acara malam pun dimulai, yaitu games lagi. Setelah kegiatan games, seperti biasa. Kita buat aplikasi di kamar masing-masing sampe mata beler. Ngejar deadline ceritanya. Temen-temen saya yang content writer enak banget pada ke mall. Saya sebagai programmer hanya bisa ngoding di kamar bareng temen-temen. 

Hari kelima pun mulai. Seperti biasa, acaranya lanjut buat aplikasi. Di hari ini akan kedatangan orang Jerman. Orang Jerman tersebut datang untuk mengisi suara yang akan kita pakai di aplikasi kami. Karena aplikasi kita harus bebas dari pelanggaran hak cipta, maka semuanya harus dibuat sendiri. 

Sedang Mengisi Suara untuk Aplikasi, yang kiri 11:12 sama saya ya? Hahaha

Selain itu kegiatan pagi-sore full ngoding. Malam pun tiba, seperti biasa ada games. Karena saya ingin refreshing, jadi saya kabur sebentar dari acara games untuk menuju mall bersama squad saya hahaha.... Tapi tiba-tiba kita di telepon juri disuruh ke tempat acara. Alhasil kita langsung ke sana, daripada berabeh.

Games malem ini harus menghafal dan menirukan gaya yang ditampilkan dari setiap peserta. Sama seperti perkenalan pertama kali, tapi bedanya ada gerakannya. Setelah acara games selesai. Kita pun berkumpul di satu kamar untuk ngerjain project bareng-bareng, mengingat sudah H-2 presentasi. Jarang kita tidur normal. Kita selalu tidur di atas jam 02:00. Saya sendiri tidur jam 04:00. Sebenernya sih saya gak mau tidur, tapi daripada saya lemes di siang hari.

H-1 presentasi pun tiba. Kita semua bekerja keras untuk mencapai 90% aplikasi. Kegiatan hari ini kita buat aplikasi terus-menerus. Dari pagi-malem.......

Komentar

Postingan Populer