Ospek di Binus? FEP!


Ospek di Binus ngapain aja ya? Ospek Binus punya nama lain, yaitu FEP atau Freshmen Enrichment Program. Yaitu program pengenalan dunia kampus kepada para binusian (sebutan mahasiswa Binus) baru. Di dalam FEP, tidak ada yang namanya senioritas. Semua satu, binusian. Sebutan untuk kakak tingkatnya pada saat GO juga beda, namanya Buddy Coordinator. Kalau kita (binusian baru) dipanggil selama GO disebutnya Buddy oleh teman-teman dan Buddy Coordinator (BC).

FEP sendiri dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. General Orientation (GO): Pengenalan lingkungan kampus, binusmaya, sistem absensi binus, ujian di binus, dan UKM. GO berlangsung selama 6 hari, dari hari Senin sampai hari Sabtu.
  2. Academic Orientation (AO): Pengenalan dunia kampus dan jurusan. Di AO, kita sudah dapat belajar bagaimana belajar di Binus (sesuai dengan jurusannya). AO yang mendampingi para Binusian adalah Dosen loh. Kegiatan ini berlangsung selama 10 sampai 12 hari.
  3. Campus Life Orientation (CLO): CLO merupakan akhir dari kegiatan pengenalan kampus. Karena di CLO kita sudah belajar seperti biasa, namun tetap masih dalam bimbingan dosen dan para BC. CLO ini berlangsung sampai semester 1 berakhir.
Mungkin kalau kalian sering dengar atau pernah lihat di media sosial teman kamu kalau ospek teman kamu itu diharuskan membawa papan nama yang besar, kertas karton, nulis berlembar-lembar, dsb. Di Binus, ospeknya berkeprimanusiaan banget dan gak ada yang namanya senioritas, apalagi hal yang gak jelas kayak gitu.

Kegiatan FEP di Binus benar-benar memperkenalkan dunia kampus. Tujuannya agar binusian baru sadar bahwa ini sudah memasuki dunia kuliah, bukan lagi masa sekolah yang nyaman. Mulai dari perkenalan lingkungan kampus, sistem absensi, sistem binus, peraturan yang ada di binus, binusmaya (untuk mengecek nilai, jadwal kuliah, info, forum, dll), dll.

Untuk cerita GO, AO, dan CLO bisa kalian lihat di artikel lainnya... Sekiannn

Komentar

Postingan Populer