Project Luar Character Building: Pancasila - Pertemuan 2

Kegiatan Pendampingan Belajar di PAUD Cempaka
Timeline :  Survey   Pertemuan 1     Pertemuan 2     Pertemuan 3     Pertemuan 4
Tanggal :  Senin, 30 Oktober 2017

Seperti pertemuan sebelumnya, kami berkumpul di Lawson Binus Anggrek di jam 07:00 dikarenakan akan berangkat ke PAUD Cempaka di jam 07:30. Sesampainya di sana, kami pun langsung menuju ruangan anak-anak berada. Di pertemuan ini kami mendampingi anak-anak usia 3 sampai 4 tahun untuk bermain dan belajar bersama. Seperti biasa, semua diawali dengan membaca doa. Setelah itu kita semua keluar ruangan dan mempersiapkan ruangan luar, karena anak-anak akan senam untuk meregangkan otak dan badan sebelum masuk dan belajar di kelas nanti.

Kami pun membuat posisi lingkaran dan saling bergandengan tangan. Anak-anak pun senam bersama kami. Setiap manusia memiliki perbedaan karakter yang signifikan, begitupun anak-anak yang kami ajar di PAUD Cempaka. Tidak semua anak dapat mengikuti kelas atau kegiatan dengan baik, ada yang lari ke sana kemari, ada yang tidak bisa diam, dll. Tapi itu semua tugas kita untuk menertibkan dan memberikan pengarahan kepada mereka.


Setelah kegiatan senam selesai, kami pun beristirahat sebentar lalu dilanjut dengan mengajari anak-anak menggambar binatang. Sebelum kegiatan menggambar, kami pun bercerita dan mendongeng terlebih dahulu akan pentingnya menjaga lingkungan tempat binatang tinggal. Karena jika merusak lingkungan, itu artinya kita tidak menyayangi ciptaan Tuhan.




Manfaat dari adanya kegiatan hari ini adalah anak-anak jadi dapat mengenal hewan-hewan dan kenapa harus melestarikan dan menyayangi hewan, sehingga anak-anak dapat tau bahwa hewan memberikan keuntungan yang banyak untuk kita, dan juga hewan adalah makhluk ciptaan Tuhan. Maka dari itu anak-anak harus menyayangi dan melestarikan hewan, karena dengan melestarikan dan menyayangi makhluk ciptaan Tuhan, kita akan mendapatkan pahala dan melatih kesabaran kita. Sekian laporan kegiatan Character Building: Pancasila kedua di PAUD Cempaka.

Komentar

Postingan Populer